Apa Itu Distemper / Feline Panleukopenia ? - www.46cats.com
 

13 Januari 2016 15:06:25

Apa itu distemper / Radang Usus Kucing Feline Panleukopenia ?

Penyakit panleukopenia   ini disebut juga Feline Parvovirus, Feline Infectous Enteritis/FIE (radang usus menular). Panleucopenia adalah penyakit serius yang cukup berbahaya pada kucing. Penyakit ini diakibatkan oleh virus. Angka kematian berkisar 25 – 85 % pada kucing yang belum divaksinasi. Penyakit mudah menular ke kucing lain, tetapi tidak menular pada manusia dan anjing.

Penyakit ini menular kontak langsung atau tidak langsung melalui air liur, air kencing,muntah dan melalui kotoran kucing yang terinfeksi.
Selain itu anak kucing juga dapat tertular virus dari induknya, bila sang induk terserang virus ini pada saat bunting.
Virus panleucopenia dapat bertahan cukup lama di luar tubuh kucing. Sebagian besar desinfektan tidak mampu membunuh virus ini.
Oleh karena itu penularan terbesar terjadi melalui kontak dengan kandang, lantai atau peralatan makan dan minum kucing yang tercemar virus dan tidak dibersihkan dengan desinfektan yang sesuai.
Virus masuk ke tubuh kucing biasanya melalui mulut, berkembang di kelenjar pertahanan di bagian mulut, lalu menyebar ke seluruh tubuh.
Kemudian virus akan berkembang di beberapa organ seperti kelenjar pertahanan seluruh tubuh, sumsum tulang dan selaput lendir usus yang menyebabkan hancurnya usus.

Gejala :

Penyakit ini dapat menyebabkan anemia, muntah-muntah dan diare yang parah pada kucing.
Kadang-kadang perkembangan penyakit sedemikian cepat sehingga anak kucing mati tiba-tiba sebelum pemiliknya sempat melihat tanda-tanda sakit.
Setelah diare dan muntah, biasanya diikuti dengan hilangnya nafsu makan yang mengakibatkan dehidrasi dan kematian.

Cara mencegahnya :

  1. Vaksinasi kucing secara teratur
    1. Anak kucing dapat divaksinasi pada umur 8-10 minggu. Agar kekebalan yang terbentuk lebih terjamin sebaiknya vaksinasi diulang 1 bulan kemudian. Setelah itu vaksinasi dianjurkan diulang setiap tahun. Untuk kucing dewasa atau berumur lebih dari 6 bulan yang belum pernah divaksinasi, vaksinasi bisa dilakukan tiap tahun.
  2. Bersihkan kandang dan peralatan makan & minum menggunakan disinfectan
    1. Lebih baik mencegah daripada mengobati

Feline Panleukopenia (FP) adalah suatu penyakit kucing yang disebabkan oleh virus feline parvo, dimana virus ini sangat cepat menular. Dari tahun ke tahun penyakit ini telah dikenal dengan berbagai nama yaitu distemper kucing, enteritis (radang usus disertai memar yang cepat menyebar), demam kucing dan penyakit tifus kucing. Meskipun dikenal dengan berbagai nama, namun sebenarnya penyakit dengan nama berbeda tersebut disebabkan oleh virus berbeda pula. FP virus ini tergolong virus yang jahat, karena dapat membunuh dengan cepat membagi sel-selnya dengan cepat. Kerugian dari penyebaran sel pada virus ini dapat membuat kucing komplikasi dan infeksi/peradangan hasil bakteri.

Untuk mengetahui terjangkitnya virus ini dapat dilihat melalui gejala-gejala yng muncul pada kucing kita.yang pertama hilangnya selera makan, demam tinggi, kelesuan, muntah-muntah, hidung kucing yang biasanya lembab menjadi sangat kering (dehidrasi). Fluktuasi peningkatan suhu tubuh akibat demam oleh kucing sangat cepat, dan sangat tidak normal ( normalnya demam pada kucing akan meningkat secara bertahap dalam 3-4 hari). Demam tidak normal ini akan menyebabkan kucing diambang kematian. Menurut penelitian dokter 75% kucing yang mengidap penyakit ini akan mengalami kematian.

Penularan virus ini dapat melalui kutu, darah air seni dari kucing yang terinfeksi, yang perlu dilakukan para penyayang kucing agar kucing kesayangan tidak terjangkit virus ini adalah menjaga kebersihan kandang, pola makan kucing , kesehatan kucing serta lakukan vaksinasi.

Virus ini cepat menjangkit pada kitten (anak kucing), hal ini dikarenakan daya tahan tubuh pada kitten masih lemah, jadi lakukan vaksinasi pada kucing anda, minimal sejak umur 2 bulan. Serta berilah nutrisi dan vitamin yang cukup untuk kucing kesayangan anda.

Ketika penyakit ini menyerang kucing yang berumur dibawah 8 bulan , hal ini sangat riskan untuk tertolong karena daya tahan tubuh masih lemah. Kucing dewasa memiliki kesemapatan untuk hidup lebih besar ketika terserang penyakit ini. Perawatan dan therapy akan sangat mendukung dan membantu untuk mempertahankan fisik kucing agar mampu melawan virus tersebut dengan system kekebalannya .

Tidak ada pengobatan yang mampu membunuh virus, Pengasingan kucing yang sakit adalah factor penting. Breeder akan mencoba untuk memenuhi kebutuhan air kucing dengan meminumkannya, meningkatkan kadar gizi yang masuk melalui vitamin, dan mencegah infeksi/peradangan sekunder dengan zat pembunuh kuman. Jika kucing dapat survive dalam waktu 48 jam, kesempatan untuk sembuh mulai terbuka. Usahakan kandang kucing harus hangat (tambahkan lampu 5 watt), higienis, dan sangat bersih. Perhatian dan kasih sayingpemilik kepada kucing adalah sangat penting. Kucing layaknya manusia, apabila diberi sentuhan kasih sayang dan perhatian maka semangat untuk hidup akan jauh lebih besar.

Untuk dapat menjauhkan kucing anda dari penyakit ini adalah jaga kesehatan, kebersihan kucing anda. Faktor utama yang menyebabkan kematian adalah daya kekebalan tubuh yang lemah. Jaga kesehatan kucing anda agar selalu prima, beri vitamin dan makanan bergizi yang cukup. Vaksin sangat diperlukan kucing untuk menjadikan tubuh kucing lebih tahan terhadap beberapa penyakit. TAPI INGAT!!!, meskipun kucing anda sudah divaksin jangan terlalu PERCAYA DIRI bahwa kucing anda tidak akan terkena penyakit INI!!!!.

Oleh : -
Sumber : http://www.imetmis.com
 
 

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

 
Seberapa Banyak Kita Memberi Makan Kucing ?

1381 Views
12 Januari 201613:06:07